Facebook "Like or Send" button tidak muncul di Blog anda?

Memang susah-susah--gampang mengimlan plugin ini ke dalam Blog kita. Seperti saya, untuk memasukan plugin ini, saya rela membedah (merombak ulang) Blog saya. Hasilnya, bukannya berhasil..malah blog saya yang hancur... Namun saya tidak menyerah begitu saja (masa manusia kalah sama komputer), saya terus berkonsultasi dengan bapak Google. Akhirnya setelah merapihkan kembali Blog saya dan terus mencobanya kembali, akhirnya jerih payahku pun terbayar. Aku berhasil memasukan plugin-plugin tersebut seperti yang bisa anda lihat di bawah postingan ini.


Lalu apa sebenarnya masalahnya? Kenapa begitu ribet sekali memasang plugin ini? Yah..apa mau dikata, coding blog kan berbasis XML, ya mungkin jadi lebih ribet..(sok tahu yah..). Anyway..Berdasar atas keberhasilan saya ini, saya pun berasumsi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemasangannya, yaitu akan saya kategorikan sebagai berikut;

Untuk "Like or Send" button:

  1. Pastinya ada harus mempunyai "Facebook App_Id" yang bisa anda dapat disini dengan mengisi formnya.
  2. Dalam memasukan alamat url anda, pastikan anda menutupnya dengan benar; exp: http://room710.blogspot.com/. Dalam kasus saya mengasumsikan bahwa anda telah mendapat kode dari "Get Code" di "facebook social plugin-Like Button".

Untuk "Comment" button:
  1. Sama. Pastinya ada harus mempunyai "Facebook App_Id"
  2. Anda hanya cukup memasukan script di bawah ini ke dalam kode HTML anda;
<!-- Facebook Comment Start -->
<div id='fb-root'/>
<script>window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({appId: &#39;App_Id_Anda&#39;, status: true, cookie: true,
xfbml: true});
};
(function() {
var e = document.createElement(&#39;script&#39;); e.async = true;
e.src = document.location.protocol +
&#39;//connect.facebook.net/en_US/all.js&#39;;
e.async = true;
document.getElementById(&#39;fb-root&#39;).appendChild(e);
}());
</script>
<fb:comments href='http://Nama_blog_anda.blogspot.com/' num_posts='10' width='400'/>
<!-- Facebook Comment End -->

Namun, jika masih belum berhasil juga, menurut pendapat saya ada 2 kemungkinan;

Pertama; mungkin ada tipe javascript yang sama dengan hanya berbeda versi, tapi anda masukan ke dalam kode HTML anda. exp;

<script src='http://h1.ripway.com/chris710/JavaScript/Superfish_v1.3.js' type='text/javascript'/>
<script src='http://h1.ripway.com/chris710/JavaScript/Superfish_v1.4.8.js' type='text/javascript'/>

Kedua; saya sarankan jangan terlalu banyak memasukan kode javascript ke dalam Blog anda, karena bisa saja salah satu kode javascript anda bentrok dengan script kedua plugin ini.


Dan terakhir, jika anda putus asa karena belum berhasil juga, coba ganti template Blog anda dengan template yang diadaptasi dari theme wordpress. Pasti anda tertawa mendengarnya saat ini..namun dari semua blog saya, yang berhasil hanya yang diadaptasi dari theme wordpress saja. Memang di dalam theme tersebut kode javascript-nya sangat sedikit. Jadi, jika belum putus asa coba saja cara aneh ini. Tapi saya sarankan fokus saja pada beberapa point di atas tadi. 

Karena saya juga bukan orang yang ahli dalam masalah pengcodingan, untuk itu mohon bimbingan serta pendapat dari suhu-suhu yang lebih mengerti dalam hal ini thx...

Semangat!!..Dan semoga berhasil...


Unknown

Information and social networking is very valuable. We need it like we need food, or other essential needs. But we need to be careful, they're very vulnerable as a weapon. If we don't use it or consume it wisely, you will get some trouble (shit hits the fan). So that's all from me and have fun.

1 comment :